Dewasa ini, dunia teknologi berkembang demikian pesatnya. Salah satu contohnya, baru-baru ini kita mengetahui bahwa ilmuwan robotika di Uni Eropa telah berhasil mengaplikasikan neuroscience dalam teknologi robotika. EYESHOTS, (Heterogeneous 3-D Visual Perception Across Fragments) sebuah lembaga penelitian terkemuka di Eropa, mengklaim telah berhasil menciptakan perkembangan teknologi robotika selangkah lebih maju, khususnya bagi robot humanoid. Mereka telah berhasil menciptakan control interaksi antara gerak dan visual melalui pendekatan neuroscience tersebut, sehingga robot humanoid hari ini telah siap untuk tersinkronisasi dalam usaha pengenalan lingkungan.
Mau tidak mau, perkembangan dunia teknologi ini turut berimbas pada berkembangnya materi pendidikan dasar yang ada sekarang. Jika dahulu untuk mempelajari teknologi cukup dengan pelajaran elektronika sederhana, maka sekarang sudah harus beralih ke metode pembelajaran yang lebih advance dan menjawab tantangan perkembangan zaman.
Dunia robotika hari ini dipandang oleh berbagai pakar dan kalangan sebagai solusi bagi materi pendidikan dunia teknologi yang makin kompleks. Robotika merupakan integrasi sempurna dari setidaknya 2 bidang ilmu yang paling tua di dunia dan 1 bidang ilmu paling mutakhir, yakni mekanika, elektronika, serta informatika. Dengan mempelajari robotika, secara otomatis siswa harus berfikir tentang aspek mekanika seperti gerak lengan, sendi, gear, dan sebagainya. Di lain sisi, siswa juga akan merancang aspek elektronikanya seperti motor, servo, dan microcontroller. Sebagai penyempurnaan, siswa akan melengkapi kegiatan belajarnya dengan perancangan informatika terhadap kit buatannya seperti programming.
Sulitkah? Relatif. Oleh sebab itu, ini menjadi tantangan bagi kami untuk menghadirkan pembelajaran robotika yang inovatif, mudah dicerna, dan komprehensif. Kami myrobo School of Robotics, bertekad untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi pengembangan pendidikan robotika di Indonesia sehingga seluruh anak bangsa bisa mempelajari robotika dengan simpel dan menyenangkan.
Profile
myrobo school of robotics(MSR) adalah lembaga bimbingan belajar dan pelatihan robotika dan otomasi yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan materi pendidikan robotika yang simpel dan menyenangkan.
Kami mengetengahkan keunggulan materi kepada setiap siswa. Siswa tidak hanya pandai merakit, namun faham dan mengerti tujuan bagaimana sesungguhnya merancang bangun sebuah robot. Berbeda dari lembaga pendidikan robotika kebanyakan, siswa myrobo akan dilatih untuk tidak terpaku pada 1 kit saja. Bahkan siswa akan mengembangkan kit pembelajarannya sendiri, sesuai dengan imajinasi dan kemampuannya. Dengan tidak terpaku pada satu kit tertentu saja, siswa akan lebih berfikir kreatif dan didorong pada open-ended question. Into filosofi pembelajaran kami bagi para siswa adalah : Kami tidak akan memberikan ikan, melainkan kail untuk memancing.
Support
myrobo school of robotics didirikan tahun2011. Kurikulum myrobo terus mengalami penyempurnaan dengan research team myrobo yang selalu aktif dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Beberapa research member kami berasal dari beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia seperti ITB (dalam aspek teknologi) serta UPI (dalam aspek pengajaran).
myrobo menyadari bahwa untuk membangun suatu pengajaran robotika yang terintegrasi tidaklah mudah. Maka kami juga seringkali melakukan sharing dengan beberapa ahli psikologi dan pengembangan anak di tingkat lokal maupun nasional. Bagi kami, pengamatan terhadap tumbuh kembang anak amat penting agar teknologi tidak menjadi sesuatu yang malah berbalik menjadi penghambat pertumbuhan anak.
Our Vision
???World Happiness Through Creating Limitless Creativity???
Kebahagiaan dunia melalui penciptaan kreativitas yang tak berbatas
Our Mission
myrobo adalah sebuah tim yang pembelajar, berkomitmen, positif, dan orang-orang berintegritas yang selalu berkembang untuk menjadi pribadi yang seimbang, berakhlak mulia, dan jujur. Kami akan selalu bekerja di dalam ???11 Nilai budaya perusahaan??? untuk meyakinkan semua orang yang menyentuh atau tersentuh oleh kami, akan mendapatkan banyak pembelajaran dan semakin menjadi manusia yang cerdas teknologi, haus ilmu pengetahuan, dan menjadi manusia positif yang berakhlak terpuji.
Kami akan selalu bekerja dalam aroma pembelajaran dengan mereka yang lapar akan teknologi. Fokus dalam berkarya dan ceria dalam belajar adalah ciri-ciri kami. Kami akan mendidik diri-diri kami sendiri, siswa-siswi kami, dan untuk mereka yang menjalin kerjasama dengan kami, sementara kami menghibur mereka dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.
Produk dan jasa kami merupakan kualitas yang terbaik di bidangnya, dengan kombinasi utuh yang bertujuan menciptakan karakter manusia yang mampu menyerap hakikat ilmu pengetahuan melalui media pembelajaran teknologi robotika secara optimal, bijaksana, dan penuh manfaat bagi semesta.
Siswa-siswa dan klien kami dalam segala level pendidikan mempunyai kesempatan untuk kami bantu belajar optimal dan bisa mengambil komitmen kami dengan cara mengembalikan komitmen mereka terhadap myrobo. Mereka akan berpikir maju ke depan, mau belajar dan tumbuh, dan mau bekerja keras dengan semangat pembelajaran yang tinggi.
Yang terpenting adalah, kami selalu bersungguh-sungguh dengan semua ucapan kami, kami memilih untuk melayani siswa-siswi dan klien kami dengan kesempurnaan pelayanan, dan memberikan mereka lebih dari apa yang mereka harapkan.
Curriculum
LEVEL | TOPIK | WAKTU | SUB TOPIK | TARGET PEMBELAJARAN |
JUNIOR | Basic Universal | 6 Bulan | Mempelajari dasar-dasar cara kerja dan fungsi berbagai peralatan yang sering dijumpai sehari-hari | Mengkoordinasikan gerakan visual motorik, seperti mengkoordinasikan gerakan mata dengan tangan, lengan, dan tubuh secara bersamaan |
Basic Mechanic Static | 4 Bulan | Mechanic : Mempelajari perubahan gerakan dan komponen-komponennya. Static : Menghitung kestabilan struktur bangunan yang tidak bergerak | Memahami pergerakan benda-benda mechanic seperti vehicle, siswa bisa mengetahui cara kerja gigi atau gear pada kendaraan dll. Pada benda static, siswa memahami konsep kestabilan suatu proyek. | |
Basic Electrical Enginering | 4 Bulan | Mempelajari sirkuit elektronika, kontrol electro-mechanical, controll fully electronics, AND/OR circuits, pararel and serial connection | Pembangunan logika anak mengenai rangkaian dasar elektronika sebelum masuk kepemrograman. | |
SENIOR | Robo Beginer Lab | 3 Bulan | Mempelajari mesin-mesin otomatis dan model-model robot, pemrograman kontrol interface dengan graphic programming | Memahami bahasa pemrograman kontrol interface dengan graphic programming software ROBOPRO |
Introduction of Electronic and Robot Analog | 4 Bulan | Mempelajari mengenai dasar-dasar elektronika dan prinsip kerja komponen serta rangkaian elektronika | Memahami teori dan cara kerja komponen dasar elektronika seperti resistor,kapasitor, diode, transistor, batterey dll. Mampu menyolder dan analisis masalah pada rangkaian elektronika sederhana. | |
Introduction of Microcontroller and C Programming | 4 Bulan | Mempelajari dasar-dasar pemrograman mikrokontroler (AVR) dengan menggunakan bahasa C | Memahami rangkaian skematik dari mikrokontroler serta fungsi dari masing-masing pin pada mikrokontroler. Memahami cara setting program dan perintah-perintah dasar pada bahasa C. Memahami aplikasi dari input/ output, interrupt, timer/ counter, adc dan kontrol PWM | |
Robot line follower, Obstacle/ Prison break robot | 4 Bulan | Mempelajari cara kerja robot, merancang & membuat line robot serta algoritma pemrogramannya. | Memahami cara kerja robot line follower dan Obstacle, Mampu merancang bentuk dan merakit hardware robot serta rangkaian elektriknya. Mampu memprogram robot dan studi kasus. | |
KOMPETISI | Maze Solving (POLOLU) | 20x Pertemuan | Mempelajari dasar-dasar pemrograman bahasa C dan problem solving lintasan maze solving | Memahami dasar-dasar perintah pemrograman bahasa C untuk aplikasi penyalaan LED, LCD, buzzer, motor dan line follower serta sub program. Problem solving lintasan maze solving. |
MAze Solving ARO-X | 16x Pertemuan | Mempelajari dasar-dasar pemrograman bahasa C dan problem solving lintasan maze solving | Memahami dasar-dasar perintah pemrograman bahasa C untuk aplikasi pengaturan motor dan line follower serta sub program. Problem solving lintasan maze solving. | |
Transporter ARO-X | 16x Pertemuan | Mempelajari dasar-dasar pemrograman bahasa C dan problem solving transporter | Memahami dasar-dasar perintah menjalankan servo pan membut sub programnya. Problem solving transporter. | |
Aplicative/Creative/ Teather Robot | Sesuai Proyek | Membuat Robot Creative/ Aplicative sederhana yang bermanfaat bagi manusia serta sesuai dengan tema lomba . Membuat Robot yang mendukung pagelaran teater. | Mencari ide kreatif, menyusun konsep dan merancang dan membuat robot baik secara mekanik, elektrik maupun algoritma pemrogramannya. |
Learning Method
Secara umum, myrobo school of robotics menggunakan teori Brain-Based Learning dalam membentuk pola belajar pada siswa. Brain Based Learning adalah pembelajaran yang diselaraskan dengan cara otak yang didesain secara alamiah untuk belajar. Sejalan dengan hal tersebut, beberapa pakar pendidikan juga mengungkapkan bahwa Brain Based Learning menawarkan sebuah konsep untuk menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada upaya pemberdayaan potensi otak siswa.
- Pra-Pemaparan
Pra-pemaparan membantu otak membangun peta konseptual yang lebih baik, sehingga dalam keberjalanan pembelajaran nantinya, siswa mampu menangkap gambaran belajar secara lebih utuh.
- Persiapan
Dalam tahap ini, pelatih menciptakan keingintahuan dan kesenangan dalam diri siswa. Hasrat pembelajaran adalah titik tolak awal bagi setiap siswa dalam memasuki fase pembelajaran berikutnya.
- Inisiasi dan akuisisi
Tahap ini merupakan tahap penciptaan koneksi atau pada saat neuron-neuron itu saling ???berkomunikasi??? satu sama lain. Fase ini terjadi saat otak mulai diaktivasi untuk melakukan brainstorming ide atas masalah yang dihadapi.
- Elaborasi
Tahap elaborasi memberikan kesempatan kepada otak untuk menyortir, menyelidiki, menganalisis, menguji, dan memperdalam pembelajaran. Disini siswa akan didorong oleh pelatih untuk mampu menentukan solusi dan mewujudkan solusi tersebut dalam alam nyata.
- Inkubasi dan memasukkan memori
Tahap ini menekankan bahwa waktu istirahat dan waktu untuk mengulang kembali merupakan suatu hal yang penting.
- Verifikasi dan pengecekan keyakinan
Dalam tahap ini, guru mengecek apakah siswa sudah paham dengan materi yang telah dipelajari atau belum. Siswa juga perlu tahu apakah dirinya sudah memahami materi atau belum.
- Perayaan dan integrasi
Tahap ini menanamkan semua arti penting dari kecintaan terhadap belajar
Strategi pembelajaran utama yang dapat dikembangkan dalam implementasi Brain Based Learning (Sapa???at, 2009) yaitu:
- menciptakan lingkungan belajar yang menantang kemampuan berpikir siswa;
- menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan; dan
- menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi siswa.
Portofolio
Waktu | Nama event | Tempat | Prestasi | Kategori | Asal Sekolah |
2011 | INAICTA | Jakarta | Silver Medal | Maze Solving Robot (SMP) | SMP Salman Alfarisi |
Bronze Medal | Maze Solving Robot (SD) | SD Cendekia Muda | |||
Bronze Medal | Maze Solving Robot (SMA) | DHIS Secondary | |||
Techical Award | Maze Solving Robot (SMP) | SMP N 14 Bandung | |||
Imagine RISTEK | Jakarta | Juara II | Mobile Robot SD | SMP Darul Hikam | |
Juara II | Mobile Robot SD | SD Istiqomah | |||
TORC II | Jakarta | Juara II | Maze Solving Robot | SMP N 22 Bandung | |
Juara III | Maze Solving Robot | SMP Cendekia Muda | |||
2012 | Malaysia | IISRO | Gold Medal | Transporter Robot Junior | SD Darul Hikam |
Gold Medal | Transporter Robot Senior | DHIS Secondary | |||
Gold Medal | Transporter Robot Senior | SMP Salman Alfarisi | |||
Silver Medal | Transporter Robot Senior | DHIS Secondary | |||
Silver Medal | Theater Robot Senior | SMP Darul Hikam | |||
Bronze Medal | Transporter Robot Senior | DHIS Secondary | |||
Bronze Medal | Theater Robot Senior | SMP Salman Alfarisi | |||
Bronze Medal | Maze Solving Robot | SMP Darul Hikam | |||
PRC | Kota Baru Parahyangan | Juara I | Theater Robot Senior | SMP SMA Darul Hikam | |
Juara II | Creative Robot Junior | SD Mutiara Bunda | |||
Juara III | Theater Robot Senior | SMP Salman Alfarisi | |||
Techical Award | Maze Solving Junior | SD Istiqomah | |||
Techical Award | Maze Solving Senior | SMP Darul Hikam | |||
Techical Award | Theater Robot Senior | SMP Salman Alfarisi | |||
COMFEST UI | Universitas Indonesia | Juara I | Maze Solving | DHIS Secondary | |
Juara II | Maze Solving | SMA Darul Hikam |